Pembatasan BBM BPH Migas Ramalkan Akan Ada Demo Besar-besaran

Rabu, 18 Januari 2012

JAKARTA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memprediksikan akan ada efek negatif akibat pembatasan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Kepala BPH Migas Andi Noorsaman Sommeng menjelaskan, akan ada berbagai sikap yang diambil masyarakat dalam menanggapi pembatasan BBM bersubsidi, seperti akan banyak penyimpangan yang terjadi.

“Penyimpangan yang bakal terjadi Bulan Januari-Maret, yaitu meningkatnya penimbunan BBM bersubsidi, meningkatnya pembelian BBM bersubsidi, terjadinya pengoplosan dan meningkatnya antrean dengan menggunakan tangki modifikasi,” ungkapnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Selain itu, dia memperdiksi ada potensi terjadi kelangkaan BBM bersubsidi ketika pembatasan diberlakukan pada 1 April 2012. “Bahkan tidak memungkinkan terjadinya unjuk rasa besar-besaran,” tegasnya.

Pasca pembatasan sekira April-Juni, lanjut dia, akan terjadi peningkatan pembelian BBM bersubsidi di luar Jabodetabek. “Ada juga yang bekerja sama dengan operator SPBU dengan harga yang telah disepakati di atas harga BBM bersubsidi dan juga pengguna mobil pribadi menggunakan plat kuning yang tidak sewajarnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Andi menambahkan, pada Juli-Desember 2012 ada substitusi pengendara dari roda empat ke roda dua. “Bahkan yang lebih parah lagi adanya tindak kriminalisasi terhadap mobil tanki BBM Pertamina dari Depo menuju SPBU,” pungkasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengatur sebaik mungkin pelaksanaan program pembatasan BBM bersubsidi yang telah diatur APBN 2012. “kami akan berusahaa sebaik mungkin untuk meminimalisir adanya kecenderungan tersebut,” tambahnya. (mrt) (rhs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s